Jenis Konten yang Cocok untuk Blog AMP


Baiklah, Fajrin.web.Id kembali lagi dengan tema Blog AMP. Kali ini, saya akan membahas mengenai jenis konten yang cocok untuk blog AMP. Namun, sebelum saya uraikan satu-persatu, saya berharap posting saya kali ini tidak mempengaruhi Anda dalam menulis konten, karena tulisan ini hanya sesuai pendapat saja. Selebihnya, Anda sendirilah yang menentukan.

Membaca judul posting saya yakni jenis konten yang cocok untuk blog AMP, tentu Anda sudah memiliki gambaran dalam benak Anda, apa maksud saya. Ya, jenis konten yang paling cocok untuk blog Anda yang terverifikasi AMP. Lalu, apa bedanya konten untuk blog non-AMP mas? Jadi, untuk bedanya sangat sederhana. Maksudnya begini, saya uraikan dalam tabel di bawah ini.

AMP Non AMP
Terdapat logo AMP (petir) dalam ponsel Tidak ada
Memuat halaman lebih cepat Memuat halaman tidak secepat blog AMP
Sangat ringan (hemat kuota) Tidak seringan blog AMP

Gambaran secara umum blog AMP dan Non AMP seperti itu. Lalu, untuk lebih spesifik, jenis konten yang sangat cocok untuk blog maupun web AMP, antara lain:

1. Konten multimedia

Konten multimedia ini seperti konten yang memuat audio, video, ataupun gambar. Mengapa konten multimedia sangat cocok untuk blog AMP? Ya, karena untuk konten berupa audio, video, dan gambar sudah terdapat javascript khusus yang harus ditanam dalam template. Jadi, kesempatan ini sangat cocok untuk Anda apabila ingin membangun blog yang hanya berisikan audio, video, ataupun gambar yang dapat diunduh oleh masyarakat. Keren bukan?

Template yang cocok untuk konten multimedia: Premium Paper AMP HTML Responsive Blogger Template

2. Konten informasi

Selain konten multimedia, konten yang cocok untuk blog AMP lainnya ialah konten informasi. Mengapa? Ya, jawabannya sangat sederhana. Saat ini, informasi sangat banyak diakses melalui ponsel, lihat saja seperti web-web berisikan informasi seperti Liputan6.com, Bola.net, Goal.com, Detik.com, dan masih banyak lagi. Jadi, Anda dapat membangun blog maupun web berisikan informasi yang terverifikasi AMP. Manfaatkanlah!

3. Konten pribadi (curhat, opini, dan gagasan)

Tak kalah dengan konten multimedia dan informasi, konten berisikan curhat, opini, maupun gagasan juga sangat cocok untuk blog AMP. Blog yang penuh dengan teks ini akan disukai pengunjung, karena didukung proses memuat blog lebih cepat AMP. Mungkin hasilnya akan berbeda dengan blog Non AMP dalam proses memuat halaman yang dimana pengunjung sudah tidak sabar ingin membaca konten Anda. Bagaimana? Hehe 😄

Apakah dengan posting ini akan merubah niat Anda untuk merubah blog Non AMP menjadi AMP? Saya harap, pilihan tetap tertuju pada diri masing-masing. Tidak ada unsur menyudutkan dan memaksa. Karena, pada hakikatnya blog dengan peringkat baik hanya bergantung pada isi kontennya. Selain itu, blog yang disukai pengunjung bahkan Google ialah blog yang dapat diakses dengan cepat dan mudah. Demikian posting kali, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Comments and Reactions

Comment Policy: Saya sangat menerima komentar yang relevan dari Anda. Dengan hormat, diskusi hangat dari Anda, saya nantikan. Saya harap Anda sudah membaca kebijakan komentar secara lengkap.